Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Toyota Raize 1.0L Turbo dan 1.2L

Serupa Tapi Tak Sama Ini Perbedaan Toyota Raize 1 0L Turbo dan 1 2L

Salah satu SUV baru pabrikan Toyota yang berhasil menarik antusiasme masyarakat adalah Toyota Raize. Menjadi kendaraan SUV model 5 pintu, Raize telah lebih dulu dipasarkan di negara asalnya yaitu Jepang. Di Jepang sendiri mobil kompak ini ditawarkan dalam empat model berbeda yakni Raize G, X, X’S, dan Z.

Sementara di Indonesia, SUV ini hadir dalam dua varian mesin yaitu 1.2L dan 1.0L Turbo. Namun rupanya perbedaannya tak hanya terletak pada mesin, karena terdapat beberapa pembeda lain antara versi 1.2L dan 1.0L Turbo. Simak dalam ulasan di bawah ini!

Varian Warna

Perbedaan pertama yang terlihat mencolok adalah dari varian warna, dimana model 1.2L hanya menghadirkan varian warna single tone sementara model 1.0L Turbo hadir dalam pilihan warna two tone.

Untuk pilihan warna two tone mulai dari Black Red, Black White, Black Silver Metallic, Black-Yellow SE, serta Black-Turqoise MM. Sedangkan untuk varian warna single tone pada model 1.2L mulai dari Grey Metallic, Black, Red, White, Silver Metallic, Yellow SE, serta Turqoise MM.

Velg

Velg yang disematkan untuk kedua model SUV ini pun berbeda, dimana Toyota Raize 1.2L mengusung velg ukuran 16 inci sementara versi 1.0L Turbo hadir dengan ukuran velg lebih besar yakni 17 inci.

Tipe

Beralih ke tipe, dimana kedua model Raize memiliki tipe berbeda yang disesuaikan dengan kebutuhan si pemiliknya.

Sebut saja versi 1.0L Turbo ditawarkan dalam banyak pilihan mulai dari 1.0T G, 1.0T GR Sport CVT TSS, dan 1.0T GR Sport CVT. Dari ketiga tipe tersebut, hanya tipe G lah yang memiliki opsi transmisi manual dengan 5 percepatan. Sementara untuk tipe lainnya disematkan transmisi CVT.

Sedangkan untuk versi 1.2L hanya dipasarkan dalam satu pilihan tipe yakni 1.2 G. Namun dari tipe ini, konsumen dapat memilih kendaraan bertransmisi CVT atau manual dengan 5 percepatan.

Mesin

Dari segi dapur pacu pun berbeda. Dimana Raize 1.2L mengaspal dengan mesin anyar berkode WA-VE 3 Cylinder In Line 12 Valve DOHC with Dual VVT-i. Mesin tersebut mengusung compression rate 12,8 : 1, daya 88ps pada 6.000 rpm serta torsi 112,78 Nm pada 4.500 rpm.

Beralih ke mesin versi 1.000 Turbo bervolume 998 cc. Mesin dengan kode 1 KR-VET 3 Cylinder In Line 12 Valve DOHC with VVT-i ini memliki compression rate sebesar 9,5 : 1, daya 98 ps pada 6.000 rpm serta torsi 140,24 Nm pada 2.400 sampai 4.000 rpm.

Harga

Berbicara soal harga, kedua varian ini dipasarkan dengan harga berbeda sesuai spesifikasi masing-masing kendaraan. Namun karena compact SUV ini masuk ke dalam daftar mobil yang mendapatkan insentif PPnBM pemerintah, maka Anda bisa meminang Raize dengan besaran diskon hingga 100 persen.

Sehingga untuk harga Raize 1.0 Turbo OTR Jakarta mulai dari Rp 219 jutaan untuk varian G M/T, hingga Rp 263 jutaan untuk varian GR Sport CVT TSS. Sementara untuk varian two tone terdapat perbedaan harga yakni berkisar Rp 2 jutaan bagi masing-masing varian.

Sedangkan bagi Anda yang tertarik memiliki Raize 1.2L harus menyiapkan kocek sebesar Rp 202 jutaan untuk tipe G M/T, serta Rp 215 jutaan untuk tipe 1.2 G CVT harga OTR Jakarta.

Jika diperhatikan, kedua varian ini memiliki perbedaan harga mulai dari Rp 17 jutaan hingga Rp 48 jutaan. Sehingga bagi Anda yang tertarik untuk kredit Raize, segera kunjungi dealer Astrido Toyota dan manfaatkan diskon PPnBM sebelum habis masa berlakunya.

Fitur

Jika ingin membedah fitur, rupanya terdapat beberapa fitur yang ada pada tipe 1.0L Turbo GR Sport namun tidak ada pada versi lainnya. Contoh saja fitur pre-collision system, adaptive cruise control, front departure alert, lane departure assist, pedal missoperation control, rear crossing traffic alert, serta blind sport monitoring.

Adakah Persamaannya?

Rupanya terdapat beberapa persamaan yang dimiliki kedua tipe SUV ini, terlebih dalam hal fitur yang disematkan. Contoh fitur yang ada di seluruh tipe Raize adalah anti-lock braking system, vehicle stability control, hill start assist, seatbelt warning, alarm and immobilizer, rear parking camera, dan juga airbag.

Setelah mengetahui perbedaan Toyota Raize 1.0L Turbo dengan 1.2L, Anda pilih mana? Apapun pilihannya, kedua model tersebut memiliki keunggulannya masing-masing.