Pentingnya Pengaman untuk Kesehatan Alat Reproduksi

Pentingnya Pengaman untuk Kesehatan Alat Reproduksi

Kesehatan alat reproduksi tentu harus diperhatikan dengan betul. Jika Anda sudah aktif dalam hubungan seksual, tentu kondom juga menjadi barang wajib digunakan. Ada banyak sekali manfaatnya, selain untuk mengurangi angka kelahiran. Berikut ini adalah alasan kenapa penting untuk menggunakan pengaman atau kondom saat berhubungan intim.

1. Mencegah Penularah HIV

HIV menjadi salah penyakit yang masih belum memiliki obat penyembuhnya. Jadi, salah satu cara untuk melawannya adalah dengan pencegahan. Virus juga bisa menyebar melalui kelamin, oleh karenanya sangat penting bagi Anda untuk menggunakan kondom, dengan tujuan mencegah penyebaran dan juga menghindari virus HIV.

2. Higienis

Penyakit menular seksual sudah sangat beragam jenisnya, oleh karenanya kita harus senantiasa menjaga kebersihan alat reproduksi. Salah satunya adalah dengan menggunakan kondom saat berhubungan, karena kondom akan membuat alat reproduksi tetap terjaga kebersihannya dan terhindar dari berbagai macam penyakit seksual yang bisa menular.

3. Mencegah Cedera

Alasan selanjutya kenapa penting untuk menggunakan kondom adalah untuk mencegah cedera. Hal tersebut dikarenakan pada kondom telah memiliki lapisan pelumas. Dengan begitu, saat melakukan penetrasi menjadi lebih lancar dan terhindar dari cedera. Jadi aktivitas seksual bisa menjadi lebih lancar dan aman.

4. Menjaga Ereksi

Manfaat selanjutnya adalah untuk menjaga ereksi. Ini sangat penting sekali bagi pria, khususnya bagi yang mengalami kesusahan atau kesulitan dalam mempertahankan ereksi. Penggunaan kondom dinilai mampu membuat ereksi menjadi lebih tahan lama, karena adanya cairan didalam maupun diluar kondom.

5. Mencegah Kehamilan

Kondom memiliki kemampuan untuk mengurangi risiko kehamilan hingga 98 persen, dengan catatan harus dipasang dengan benar. Dengan begitu, Anda bisa mencegah terjadinya kelahiran yang tidak diinginkan dan membantu metode keluarga berencana (KB) menjadi lebih efektif. Meskipun tidak 100%, paling tidak cara ini masih menjadi metode terbaik.

Bagaimana agar efektif menggunakan kondom? Pertama pastikan Anda menggunakan kondom dengan benar. Biasanya terdapat cara atau petunjuk penggunaan pada bagian kemasan. Kedua, selalu buang kondom yang telah dipakai. Menggunakan kondom bekas sangat tidak dianjurkan, selain tidak bersih, juga sangat beresiko terjadinya kehamilan yang tidak diinginkan.

Tips selanjutnya, dianjurkan untuk tidak menggunakan kondom secara bersamaan. Maksudnya adalah cukup salah satu saja, baik pria atau wanita. Penggunaan kondom bersamaan justru akan berdampak pada rusaknya kondom itu sendiri, sehingga akan mengurangi efektivitasnya. Lalu, jangan menggunakan pelumas tambahan, karena akan berisiko pada organ reproduksi.

Itulah tadi beberapa alasan pentingnya menggunakan kondom. Jika Anda membutuhkan artikel parenting lainnya, langsung saja kunjungi Orami. Ada banyak sekali artikel dengan beragam tema, seperti bayi, balita dan anak, gaya hidup, kehamilan dan masih banyak lagi. Jadi, Anda bisa mendapatkan informasi terbaru yang mungkin sangat bermanfaat untuk kehidupan.