Melihat rapor Kiper Timnas Indonesia Ketika Mengalahkan Malaysia di Piala AFF

default featured image
kiper

source gambar : bolanusantara.com

 

Membahas berita sepak bola indonesia rasanya kurang lengkap tanpa topik tentang pertandingan antara Malaysia versus Indonesia pada Piala AFF. pasalnya, timnas Indonesia sendiri memang telah berhasil menjadi juara Grup B pada Piala AFF 2020. Pada saat ini, sudah terdapat 10 poin yang berhasil dikumpulkan dari empat laga.

Sementara itu, kepastian sebagai pemenang grup B terlihat ketika adanya kemenangan telak 4-1 terhadap Malaysia. Pertandingan yang apik ini dilaksanakan pada hari Minggu, 19 Desember 2021 di Stadion Nasional Kallang, Singapura pada malam hari.

Gol-gol yang dicetak oleh timnas Indonesia berasal dari sumbangan brace Irfan Jaya pada saat menit ke-36 serta menit ke-43. Sementara itu, bukan hanya Irfan Jaya saja yang memberikan sumbangan gol, melainkan juga Pratama Arhan pada saat menit ke-50, serta Elkan Baggott pada saat menit ke-82. Di sisi lain, tim Malaysia sendiri telah lebih dulu unggul melalui Kogileswaran Raj yang berhasil mencetak gol pada menit ke-13.

Keberhasilan Indonesia sendiri memang menjadi salah satu pencapaian yang patut untuk dibanggakan. Apalagi,  keberhasilan tersebut juga turut menjadi salah satu kontribusi dari upaya kiper timnas Indonesia, yaitu Nadeo Argawinata. Pada awalnya, Nadeo sendiri memang sempat mengalami kebobolan ketika dirinya sedang menjaga gawang dan tim Malaysia, yaitu Kogileswaran melakukan pencetakan gol untuk Harimau Malaya.

Sementara itu, gol tersebut sebenarnya merupakan sebuah kesalahan yang dilakukan oleh Irfan Jaya. pada saat itu, Irfan berusaha agar bola bisa terbuang secara liar ke udara. Akan tetapi, ternyata terjadi sebuah ketidakberuntungan dimana bola yang hendak ia buang tersebut justru berhasil diterima oleh Kogileswaran Raj.

Apalagi, Kogileswaran Raj sendiri memang langsung menyambar bola tersebut dengan tembakan yang berasal dari luar kotak penalti. Kemudian, ia juga langsung meluncur pada gawang Timnas Indonesia, bahkan sekalipun tidak diblok oleh Nadeo.

Meskipun demikian, terdapat sebanyak enam tembakan yang diarahkan untuk gawang Nadeo Argawinata. Terdapat tiga tembakan yang tepat sasaran. Di samping itu, terdapat juga tiga tembakan lain yang melenceng. Hal ini memberikan tanda bahwa penjaga gawang yang merupakan anggota pemain Bali United ini memang berhasil menyelamatkan dua tembakan yang berasal dari pemain Malaysia.

Tindakan tersebut terjadi ketika Malaysia berhasil untuk tampil memberikan serangan sehingga bisa menyamakan kedudukan pada saat menit ke-48. Kemudian, mereka pun melakukan pencetakan gol. Hal ini terjadi ketika Baddrol Bakhtiar telah berhasil melakukan pelepasan tembakan keras secara jarak jauh.

Sementara itu, terdapat juga Syafiq Ahmad yang sempat membuat Timnas Indonesia merasa khawatir pada saat menit ke-66. Pasalnya, Syafiq Ahmad mendapatkan bola dari Dion Cools. Kemudian, bola tersebut ia teruskan ke tandukan. Kemudian, bola pun menuju ke gawang. Akan tetapi, Nadeo ternyata berhasil untuk menangkapnya.

Pada waktu sebelumnya, suporter Malaysia sendiri memang sempat berteriak dan bersorak setelah melihat Syafiq Ahmad berhasil menceploskan bola ke gawang timnas Indonesia, tepatnya ketika menit ke-59. Akan tetapi, wasit kemudian melakukan anulir karena adanya kesigapan dari Nadeo Argawinata untuk terus berusaha membuat bola liat terhalau.

Sementara itu, hal yang telah diperlihatkan oleh Timnas Indonesia ketika melawan Malaysia tentu terlihat sangat luar biasa. Hal ini bisa kita lihat sendiri melalui pencatatan penguasaan bola. Di samping itu, kedua tim pun berhasil untuk bermain secara relatif imbang. Di sisi lain, timnas sendiri memang telah melakukan serangan dalam jumlah yang lebih banyak.

Itulah sedikit informasi berita sepakbola Indonesia di piala AFF yang patut kita banggakan Karena telah berhasil lolos dari babak penyisihan grup dan melaju ke babak selanjutnya.