Manfaat Website Bagi Desa, Dari Sektor Pariwisata Hingga Lapangan Kerja

57

Pernah kepikiran ga jika desa atau kampung halaman kita itu didatangi oleh banyak orang? Dengan meningkatnya pendatang ke tempat kita, maka akan ada cuan tersendiri loh!

Dengan kata lain, semakin banyak orang yang datang ke desa, maka sektor pariwisata dan ekonomi akan bergerak dengan sendirinya.

Sebagai tuan rumah, kita bisa meningkatkan penjualan perdagangan hingga menyewakan kontrakan rumah.

Karena sesuai hukum dagang, semakin banyak orang yang datang, maka permintaan dan kebutuhan akan meningkat. Di sanalah kita sebagai penjual akan menuai untung.

Sayangnya, meningkatkan sektor pariwisata itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada banyak hal yang harus diurus sebelumnya.

Pertama, desa kita haruslah memiliki nilai jual yang tinggi, entah dari sisi pemandangan atau fitur yang disediakan.

Jika memang sudah punya secara alami, maka saatnya kita mulai melakukan aktivitas marketing.

Cara tercepat adalah dengan internet marketing. Secara sederhananya, kita akan memperkenalkan desa kita melalui ranah dunia online.

Untuk melakukannya, kita harus memiliki sebuah website. Jika diantara penduduk kampung tak ada yang bisa atau sempat membuatnya, maka bisa pesan website pada ahlinya dengan gaya dan bentuk yang kamu inginkan.

Desa dan Masyarakat Menjadi Untung

Dengan kata lain, website memiliki banyak sekali manfaat bagi desa kita. Nah, selain daripada sektor pariwisata, ada pula beberapa keuntungan yang bisa didapatkan, diantaranya:

  • Menyebarkan informasi menjadi lebih gampang. Soalnya, hampir semua orang di desa sekarang sudah mengenal internet.
  • Mempromosikan spot pariwisata terbaik.
  • Menciptakan lapangan kerja baru.
  • Memperkenalkan seni budaya desa sendiri.
  • Kemajuan sebuah desa dari sisi pembangunan dan interaksi sosial menjadi meningkat.

Hampir-hampir tak ada resiko yang nyata jika website dikelola dengan baik.

Akan tetapi hati-hati dalam memberikan informasi. Jangan sampai website dipegang oleh oknum tertentu yang mencoba mencari keuntungan pribadi atau bahkan menyebarkan berita hoax demi menguntungkan satu pihak tertentu.

Sudah banyak loh kejadian dimana oknum seperti ini merusak reputasi sebuah komunitas. Selalu perhatikan gerak-gerik dari masyarakat itu sendiri. Jika bisa, pilihlah sosok yang netral dan bijak, terutama dalam melihat situasi politik di dalam negeri seperti sekarang.