Hubungan Antara Kutu Rambut, Tungau, Serta Rambut Rontok

hubungan antara kutu rambut tungau serta rambut rontok

Sebagai manusia kita cendrung akan berpikir tentang apa yang akan kita makan sepanjang hari karena makanan akan memberi kita nutrisi. Kita harus makan untuk kelangsungan hidup. Namun sebaliknya kita sangat jarang sekali perduli atau sedikit memikirkan bagaimana tubuh kita juga bisa digunakan sebagai inang untuk membantu kutu atau tungau berkembang dan bertahan hidup dengan cara menghisap darah.

Di Amerika Serikat, anak-anak berusia antara 3 hingga 11 tahun berada pada risiko tertinggi terkena kutu rambut, sebuah survey memperkirakan bahwa 6 hingga 12 juta infestasi terjadi setiap tahun dalam kelompok usia tersebut. Namun, tentu saja selain anak-anak ternyata orang dewasa juga banyak yang terinfeksi, tidak hanya tertular oleh berkembangbiaknya kutu kepala  tetapi juga tungau.

Bagaimana Kutu rambut dan Tungau itu berpindah?

Anak-anak umumnya terinfeksi kutu rambut ketika mereka sedang beraktivitas disekolah atau ditempat umum lainnya, dan tentu saja begitu mereka terinfeksi maka dapat menyebar dengan cepat ke seluruh anggota keluarga lainnya, oleh sebab itu cara menghilangkan kutu rambut perlu untuk diketahui, akrena terkadang pada orang dewasa gangguan kutu ini tidak selalu terjadi karena berada di dekat anak yang terkena kutu. Orang dewasa juga bisa mendapatkan kutu dari berbagi barang pribadinya, seperti topi, syal, bantal, sikat, sisir, aksesoris rambut dan yang lainnya.

Demikian pula tungau jika ada satu yang ditularkan, maka sama seperti kutu melalui kontak manusia dan juga melalui telurnya yang tinggal dapat menyebar dengan cepat ke orang lain disekitarnya.

Apakah kutu rambut dan tungau ini berbahaya bagi kesehatan?

Kutu rambut memang tidak menimbulkan risiko kesehatan medis yang serius, tapi keberadaannya cenderung dapat mengganggu karena mereka dapat menginfeksi segala sesuatu dan semua orang yang berhubungan dengan Anda, yang dapat menyulitkan untuk menyingkirkannya sepenuhnya.

Sedangkan tungau, lebih suka menggunakan manusia sebagai inangnya. Jenis tungau yaitu Demodex Folliculum dan Demodex Brevis adalah penghuni alami tubuh kita dan dampaknya terhadap kesehatan manusia umumnya tidak berbahaya. dan jenis Tungau yang ketiga adalah Sarcarptes Scabiei, adalah tungau yang ditularkan melalui kontak langsung dan diketahui dapat merusak kulit dan rambut kita.