Cara Mencuci dan mensterikan botol bayi

mensterilkan dot bayi

Produk Bayi TerbaikBayi tidak dapat mempertahankan diri sepenuhnya dari kuman: sistem kekebalan tubuh belum matang pada bulan-bulan pertama kehidupannya. Selain itu, susu adalah makanan di mana mikroba berkembang dengan mudah.

Segala sesuatu yang diperlukan untuk pemberian ASI buatan oleh karena itu harus dicuci dan disterilkan secara menyeluruh hingga bayi berusia 5 bulan. Jika bayi berusia lebih dari 5 bulan, setelah berkonsultasi dengan dokter anak, pencucian menyeluruh sudah cukup.

Apa perbedaan antara mencuci dan sterilisasi?

Dengan pencucian sederhana, botol bersih dan layak digunakan, tetapi tidak steril.

Hanya sterilisasi yang memastikan tidak ada kuman dan mikroorganisme yang berpotensi berbahaya bagi kesehatan bayi di dalam botol.

Oleh karena itu, kebersihan botol adalah salah satu tindakan keamanan dan pencegahan pertama untuk kesehatan bayi Anda. Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan perhatian penuh pada kebersihan botol. Oleh karena itu perlu untuk mengikuti beberapa aturan dasar. Mari kita lihat yang mana.

Aturan pertama: cuci tangan Anda sampai bersih!

Aturan pertama adalah selalu menangani apa yang diperlukan untuk menyiapkan makanan bayi dengan tangan yang benar-benar bersih dan kering. Oleh karena itu, ingatlah untuk selalu mencuci tangan dengan sabun dan air dan mengeringkannya dengan handuk bersih (tidak misalnya dengan handuk atau handuk dapur yang tidak bersih sempurna).

Ingat, mencuci tangan adalah tindakan pencegahan yang penting: biasanya ada banyak kuman di jari yang, mungkin tidak berbahaya bagi organisme dewasa, bisa berbahaya bagi bayi.

Cara mencuci botol

Untuk mencuci botol dan dot, Anda perlu:

bilas botol setelah menyusui dengan air dingin yang mengalir untuk menghilangkan residu susu;

basuh semua bagian botol (botol, dot, ring dan tutup) dengan air hangat dan detergen, menggunakan sikat khusus (sikat botol) untuk membuang sisa susu dan hati-hati membalik dot bagian dalam (agar susu tidak tergenang) bagian dalam tidak terlihat saat dicuci). Selama operasi ini, disarankan untuk memeriksa integritas dot: jika menunjukkan tanda-tanda aus, itu harus dibuang dan diganti dengan yang baru;

bilas dengan banyak air mengalir;

desinfeksi sikat gigi dengan natrium hipoklorit setelah digunakan, dan biarkan kering.

Cara mensterilkan botol

Setelah dicuci dengan baik, botol siap untuk disterilkan.

Ada sistem sterilisasi yang berbeda, panas dan dingin.

Sterilisasi panas